Jambangan Recycle Carnival

Jambangan Recycle Carnival

(Surabaya/ 13 Mei 2017) Wisata Ecoturism Jambangan yang digagas oleh Ibu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya merupakan program yang ditujukan untuk meningkatkan potensi UMKM di Surabaya. Salah satu produknya adalah daur ulang limbah plastik. Program Studi Bisnis Hospitaliti Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra Surabaya mendukung dengan membantu dalam hal management-nya dengan menggelar acara Jambangan Recycle Carnival (JRC).

Kegiatan JRC ini bertujuan untuk menghidupkan kembali tradisi karnaval yang biasanya diadakan di kampung-kampung di Surabaya dalam memperingati hari jadi Kota Surabaya ataupun dalam perayaan 17 Agustus. Karnaval di Jambangan ini menggunakan tema daur ulang, artinya semua peserta karnaval menggunakan kostum atau baju daur ulang yang dipersiapkan oleh warga kampung Jambangan. Karnaval yang diikuti olah 2000 peserta dari 4 kelurahan yang ada di Kecamatan Jambangan ini sekaligus mengajak masyarakat Surabaya untuk lebih peduli lingkungan dan memperhatikan tentang daur ulang sampah yang dihasilkan. Adapun acara ini diramaikan dengan kesenian Reog dan Drumband dari masyarakat Jambangan dan diramaikan dengan lomba fashion show daur ulang yang dinilai oleh juri professional.

Acara JRC sendiri merupakan rangkaian acara pendampingan dan pemberdayaan kepada masyarakat jambangan yang bekerjasama dengan komunitas masyarakat yang sudah dilakukan sejak bulan Maret 2017 dan akan berakhir pada Mei 2017. “Acara ini sekaligus dapat mengembangkan dan membangun pengetahuan mahasiswa melalui interaksi dengan masyarakat sekitar yang diwujudkan dalam sebuah proses pembelajaran yang berbasis pengalaman (experiental learning)”, papar Bapak Agoes Tinus Lis Indarto, SS.., M.Tourism, salah satu Dosen Pembimbing JRC.
Dalam acara ini juga akan dimeriahkan oleh PKL sentra kuliner, rally games yang persertanya berasal dari masyarakat surabaya’, imbuhnya.

Berikut ini rundown kegiatan ini:

13.00 – 14.00 : Persiapan Panitia Karnaval
14.00 – 15.00 : MC pembukaan dan Karnaval mulai jalan
15.15 – 16.00 : Sambutan
16.00 – 16.45 : Fashion Show
16.45 – 17.00 : Pembagian hadiah dan foto
17.00 : Penutupan