Hospitality and Food Service Business Class

Hospitality and Food Service Business Class

Hospitality and Food Service Business merupakan salah satu mata kuliah dari jurusan Hotel and Tourism Business semester 2. Pada mata kuliah ini, selain pengetahuan yang ada mengenai food and beverage, mahasiswa juga akan mendapat kesempatan untuk praktek langsung keterampilan yang diperlukan dalam bisnis Hospitality and Food Service.
Table setting, juggling dan merangkai bunga (florist) adalah beberapa keterampilan yang juga akan dipelajari pada mata kuliah ini. Sebelum praktek langsung table setting, mahasiswa harus belajar mengenai macam – macam peralatan makan (cutleries, chinaware dan glassware) yang penggunaannya berkaitan erat dengan jenis makanan yang disajikan. Selain berkaitan dengan jenis makanan, table setting juga berkaitan dengan waktu makanan disajikan. Apakah itu untuk makan pagi, siang ataupun malam. Karena masing – masing sudah memiliki standar set upnya. Setelah memiliki pengetahuan mengenai macam – macam table set up, mahasiswa dapat mulai mempraktekkannya.
Untuk keterampilan juggling sendiri, pengajar didatangkan langsung dari ahlinya. Mahasiswa akan belajar basic bottle juggling. Karena juggling sendiri merupakan salah satu kegiatan yang menarik, yang dilakukan para bartender saat memberikan service kepada tamunya.
Keterampilan merangkai bunga, adalah salah satu yang juga akan dipelajari oleh mahasiswa HTB semester 2. Florist sendiri merupakan salah satu department yang ada di hotel yang juga memiliki peran cukup penting dalam struktur hotel. Di beberapa hotel, terutama yang masih menggunakan bunga segar untuk ditaruh di lobby atau VIP room, peranan florist sangat penting. Diharapkan mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan mengenai tata cara merangkai bunga yang benar dan bagaimana menempatkan rangkaian bunga pada moment yang tepat.