Google Suites Workshop: Upaya Menyiapkan Diri di Era Transformasi Digital

Google Suites Workshop: Upaya Menyiapkan Diri di Era Transformasi Digital

Di era transformasi digital, semua orang berusaha untuk lebih memahami penggunaan teknologi. Universitas Ciputra mengadakan Google Suites Workshop untuk tenaga kependidikan (staff) dari masing-masing departemen dan prodi. Acara ini merupakan kerjasama dari departemen Information and Comunication Technology (ICT) dan Human Capital Management (HCM) yang rencananya akan diadakan beberapa gelombang.

Apa saja yang dipelajari di Google Suites Workshop?

Google Suites Workshop

  1. Google Calender

Peserta belajar untuk mengundang orang lain dalam sebuah kegiatan, tempat menulis deskripsi, dan melihat ketersediaan waktu orang yang diundang.

  1. Google Mail

Penggunaan email kompleks seperti membuat jadwal pengiriman pesan, membuat list penerima email, dan identitas di akhir pesan yang akan dikirim.

  1. Google Form

Menyusun formulir dengan mudah. Terdapat pilihan untuk kategorisasi opsi, tanda pertanyaan harus diisi, dan ragam jawaban yang diminta (jawaban pendek, panjang atau angka).

  1. Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides

Mirip dengan Microsoft Word, Excel dan Power Point. Namun melalui google docs, sheets dan slides, kita bisa mengedit dokumen secara bersamaan. Sehingga dalam pekerjaan kelompok, dokumen tidak perlu saling menunggu salah satu orang selesai terlebih dahulu.

  1. Google Drive

Tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan segala jenis dokumen. Di sini kita juga bisa menambahkan kolaborator agar orang bisa menyunting dokumen yang kita unggah. Kita juga bisa membagikan link dari dokumen/folder yang akan kita bagikan.

  1. Google Sites

Melalui google sites, kita dapat mengembangkan situs web pribadi. Kita dapat membuat web sederhana dengan template layout yang sudah disediakan. Di sini kita juga bisa memasukkan youtube, google calender, maps, docs, sheets, forms, charts dan web lsin yang bisa langsung terkoneksi.

Kapan acara ini diadakan?

  • Pertemuan offline

Diadakan pada Kamis, 27 Februari 2020 di lab komputer Universitas Ciputra. Dipandu oleh tim ICT, kami mengadakan one day workshop. Workshop dimulai dengan penjelasan dari pak Tera mengenai tingkatan transformasi digital. Melalui workshop ini, harapannya peserta bisa sampai pada level 3 yang sesuai dengan perkembangan revolusi industri 4.0 dunia. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan dan langsung dilanjutkan dengan praktek masing-masing peserta.

  • Pertemuan online

Seharusnya workshop dilanjutkan selang 2-3 minggu setelahnya. Namun karna ada pandemi virus corona dan tenaga kependidikan juga harus melaksanakan work from home, maka workshop ditunda. Workshop akhirnya diadakan secara online pada rentang minggu kedua Mei 2020 selama satu minggu. Tim ICT dan HCM memanfaatkan zoom meeting untuk briefing. Peserta juga diberi link google sites yang memuat tutorial pengerjaan. Peserta memiliki waktu selama 3 hari untuk mengerjakan dan di hari terakhir diadakan evaluasi. Ulasan tentang google suites online workshop dapat dilihat di https://www.instagram.com/p/CAFMylxlIOB/

Google suites workshop

Seluruh peserta Google Suites Workshop mendapatkan sertifikat sebagai tanda keikutsertaan. Setelah mengikuti workshop ini, peserta akan mengikuti workshop tahap kedua. (AD/PD)

*Untuk kegiatan tenaga kependidikan (staff) lainnya, bisa klik https://www.uc.ac.id/hcm/2020/04/20/kompetisi-tenaga-pendidik-dan-tenaga-kependidikan-berprestasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *