Bimbingan Teknis Jabatan Akademik Periode Maret 2020

Bimbingan Teknis Jabatan Akademik Periode Maret 2020

Bimbingan teknis jabatan akademik adalah kegiatan yang dilaksanakan HCM Universitas Ciputra untuk tenaga pendidik yang sedang mengurus persiapan kenaikan jabatan akademik. Tenaga pendidik atau dosen diajak untuk input dokumen melalui https://cis.uc.ac.id/. Sebelumnya bimbingan teknis ini pernah dilaksanakan di bulan November 2019 dan bulan Maret 2020 menjadi bulan untuk para dosen melakukan update terkait proses yang sudah dilakukan. Namun karena peraturan dari Provinsi Jawa Timur untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar, maka bimbingan teknis kali ini dilaksanakan secara daring. Walaupun dilaksanakan secara daring, kami dan tenaga pendidik tetap antusias untuk melakukan update dan konsultasi terkait jabatan akademik.

Bimbingan Teknis Jabatan Akademik Baru

Periode bimbingan teknis ini diawali dengan para dosen yang belum mengikuti bimbingan teknis jabatan akademik pada bulan November sebelumnya. Tim HCM mengundang bapak dan ibu dosen untuk mengenal jabatan akademik melalui Zoom meeting. Kami membagi 6 dosen menjadi 3 kelompok karna jam mengajar dosen yang beragam. Lalu kami mengenalkan bahwa jabatan akademik ini diperlukan untuk memperoleh sertifikasi profesi sebagai tenaga dosen profesional. Sertifikasi ini diakui oleh Dinas Pendidikan. Kami juga mengupdate persyaratan utama penelitian yaitu sebagai penulis pertama atau tunggal jurnal nasional terakreditasi. Kami juga mengingatkan bapak dan ibu tenaga pendidik untuk mengikuti kegiatan PEKERTI yang dilaksanakan tiap awal semester baru.

jabatan akademik

Pengenalan jabatan akademik pada tenaga pendidik.

Update Poin Jabatan Akademik

Untuk para tenaga pendidik lain yang sebelumnya sudah mengikuti bimbingan teknis, kami bagi menjadi 5 sesi dengan total 20 peserta. Sebenarnya kami hanya menyediakan 2 sesi untuk update poin jabatan akademik. Namun karna keadaan di tengah pandemi Corona ini, banyak dosen melakukan rapat terkait model pengajaran. Sehingga kami memperbanyak jumlah sesi. Memang secara waktu tidak efisien, karna memperbanyak jumlah sesi. Namun kami merasa bahwa bimbingan teknis ini lebih efektif karna dosen dapat mencoba sendiri untuk input di https://cis.uc.ac.id/.

bimbingan teknis

Tenaga pendidik mencoba praktek bimbingan teknis melalui halaman CIS

Pada bimbingan teknis jabatan akademik ini, kami menyiapkan resume masing-masing tenaga pendidik. Lalu kami berkoordinasi mengenai kekurangan poin, bagaimana cara mengejarnya dan strategi naik KUM . Para dosen di akhir sesi memberikan komitmennya pada bulan tertentu. Komitmen ini disesuaikan dengan perhitungan masing-masing dosen. Bimbingan teknis ini tidak akan berakhir disini, namun kami juga akan melakukan reminder secara berkala pada bapak dan ibu tenaga pendidik. Oleh karena itu, kami invite tenaga pendidik melalui Google Calender untuk menyicil input dokumen. Sehingga timeline yang dijanjikan akan tepat waktu untuk submit dokumen-dokumen jabatan akademik (AD)

tenaga pendidik

Contoh resume yang kami buat untuk masing-masing tenaga pendidik.

Catatan: Untuk melihat syarat publikasi terbaru dapat diakses di https://www.uc.ac.id/hcm/2020/04/21/perubahan-syarat-publikasi-pada-pedoman-operasional-penilaian-angka-kredit-kenaikan-jabatanakadmik-pangkat-dosen/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *