Kompetisi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Berprestasi

Kompetisi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Berprestasi

Kompetisi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi diadakan pada minggu pertama Maret 2020. Acara ini bertujuan untuk menyiapkan perwakilan universitas ke jenjang LLDIKTI VII. Tenaga pendidik merupakan tenaga akademik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan tenaga kependidikan merupakan tenaga profesional yang bertugas mengelola, mengembangkan, mengawasi administrasi, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Dalam hal ini tenaga pendidik disebut juga sebagai dosen dan tenaga kependidikan merupakan karyawan. Karyawan berperan mendukung proses pendidikan agar berjalan dengan lancar. Yang dimaksud adalah tenaga administrasi fakultas,  human capital management, lembaga penelitian, marketing, dan lain sebagainya.

Kompetisi Tenaga Pendidik Berprestasi

Universitas Ciputra Surabaya mengadakan kompetisi tenaga pendidik pada hari Senin, 9 Maret 2020. Perlombaan ini diwakili oleh 5 dosen dari berbagai macam prodi. Kompetisi ini dinilai oleh 2 juri yang sudah mendapatkan gelar profesor yaitu Profesor Jenny dan Profesor Burhan. Kompetisi dimulai dengan menyiapkan data diri beserta rangkuman pencapaian. Pencapaian tersebut meliputi metode pengajaran, penelitian dan dampak dari pengabdian masyarakat selama menjadi dosen. Karya-karya dosen tersebut lalu dibuat menjadi karya ilmiah prestatif yang berisi benang merah dari pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan. Bapak ibu dosen presentasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Lalu dilanjutkan dengan tanya jawab dari rekan sejawat dan dewan juri.

Kompetisi Tenaga Kependidikan Berprestasi

Pada Rabu, 11 Maret 2020, Universitas Ciputra melaksanakan kompetisi tenaga kependidikan. Kompetisi ini terdiri dari 3 bagian yaitu identitias diri, presentasi karya inovatif dan focus group discussion. Karya inovatif merupakan ide yang telah dilakukan di masing-masing unit kerja. Untuk tema dengan tema focus group discussion adalah ‘Kampus Merdeka’. Perlombaan ini diikuti oleh 8 peserta dari departemen yang berbeda-beda. Sehingga peserta dapat memahami hambatan yang dilalui dan inovasi apa yang mereka gunakan. Presentasi dilanjutkan dengan tanya jawab sesama peserta dan ketiga juri yaitu Pak Tera, Bu Lenny, dan Bu Vero. Focus group discussion pun tak kalah seru. Karna masing-masing peserta memikirkan apa yang dapat dilakukan oleh masing-masing departemen untuk mendukung kebijakan Kampus Merdeka.

Pengumuman Pemenang Kompetisi

Dari hasil kompetisi tenaga pendidik dan kependidikan diperoleh 3 pemenang. Untuk tenaga pendidik yaitu juara 3 Pak Dewa, juara 2 Pak Wirawan dan juara 1 Bu Utami. Sedangkan untuk tenaga kependidikan dimenangkan oleh juara 3 Bu Rehulina, juara 2 Bu Kinanthi, dan juara 1 Bu Widya. Selamat untuk para pemenang dan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta. Semangat untuk Bu Utami dan Bu Widya mewakili Universitas Ciputra di tingkat LLDIKTI VII, semoga dapat merebut kemenangan sampai tingkat nasional. (AD)

Note: Pengumuman pemenang dapat dilihat di https://www.instagram.com/p/B-gjlrslESY/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *