Entrepreneurship Seminar by IMA Marketplace for Creative Entrepreneur

Entrepreneurship Seminar by IMA Marketplace for Creative Entrepreneur

Ciputra (UC) mengikuti kegiatan IMA Market yang diadakan di Tunjungan Plaza 2. Terdapat 2 konsentrasi yang dibawakan oleh Pascasarjana UC ini yaitu Family Business dan Corporate Entrepreneurship. Dalam acara tersebut, beberapa mahasiswa Pascasarjana UC dari 2 konsentrasi tersebut, ditunjuk untuk presentasi mengenai bisnis yang mereka jalankan. Mereka adalah Fikri (Smartway Indonesia Tours), Nindya (Yoyo Bubble Drink), Anis (Kulonan), Ahmad Chanif (Sahabat Group Bawean), Harvey (Nyambek Lokal Indonesia), Diana (Evident Event Organizer), dan Saras (Mayster Laundry Shoes).

 

Menjalankan usaha Family Business sangatlah tidak mudah, karena perpaduan dari bisnis itu sendiri dan keluarga. Tidak mudah menyatukan kedua komponen ini. Salah satu penyebab Family Business tidak bertahan karena adanya perbedaan pendapat antara orang tua dan anak, dan anak ingin punya bisnis sendiri atau bisnis orang tua tidak sesuai dengan passion anak. Alasan lain yaitu bisnis orang tua sudah ketinggalan jaman, dan masih banyak lagi. Namun tidak semua Family Business tenggelam karena beberapa faktor di atas. Lalu bagaimana cara meyakinkan orang tua dengan ide-ide baru dari seorang anak agar bisa diterima orang tua? Salah satu jawaban dari pembicara adalah dengan bukti. Anak harus membuktikan bahwa bisnis berjalan dengan baik dan semakin meningkat, hal-hal inilah yang akan diajarkan oleh pascasarjaa UC mengenai bagaimana cara menyeimbangkan dan mengatasi hal-hal tersebut.

 

Selain Family Business, tidak kalah menarik adalah kelas Corporate Entrepreneurship Pascasarjana UC. Mereka diberi project bisnis sehingga dapat berlatih bagaimana cara mengembangkan bisnis di perusahaan tempat mereka bekerja nantinya. Seorang karyawan yang memiliki mindset seorang Enrepreneur, akan mempunyai nilai tambah bagi perusahaan sehingga dapat memajukan perusahaan tersebut.

 

Pada tanggal 21 April 2017, Magister Management Universitas