Entrepreneurship 5 – The Global Player

Entrepreneurship 5 – The Global Player

Topik yang kian hangat menjadi pembahasan masyarakat adalah MEA, yang merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN.

Awal mula MEA berawal pada KTT yang dilaksanakan di Kuala Lumpur pada tanggal 1997 dimana para pemimpin ASEAN akhirnya memutuskan untuk melakukan pengubahan ASEAN dengan menjadi suatu kawasan makmur, stabil dan sangat bersaing dalam perkembangan ekonomi yang berlaku adil dan dapat mengurangi kesenjangan dan kemiskinan sosial ekonomi (ASEAN Vision 2020).

kemudian dilanjutkan pada KTT bali yang terjadi pada bulan Oktober pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN mengaluarkan pernyataan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA akan menjadi sebuah tujuan dari perilaku integrasi ekonomi regional di tahun 2020, ASEA SECURITY COMMUNITY dan beberapa komunitas sosial Budaya ASEAN  merupakan dua pilar yang tidak bisa terpisahkan dari komunitas ASEA. Seluruh pihak diharapkan agar dapat bekerja sama secara kuat didalam membangun komunitas ASEAN di tahun 2020.

Persaingan di era MEA ini bersifat global, karena Indonesia secara langsung akan bersaing dengannegara ASEAN lainnya. Ini juga yang melatar belakangi Mata Kuliah Entrepreneurship 5 dalam menentukan tema besarnya yakni : The Global Player.

Dalam E5 ini mahasiswa UC ditantang untuk mengimplementasikan knowledge yang dimiliki dalam real bussiness yang harus memiliki visi berskala global. Bahkan ada yang secara mencengangkan, dalam 1 semester membukukan omset sebesar 1,3 Miliar. Monggoh, salah satu platform financial technology yang dikembangkan oleh Ivan dan Pauline. “Kami memikirkan konsep dimana bisnis harus berbasis teknologi, karena memang ini yang dapat berkembang dengan skala yang besar. Kami melihat peluang bisnis properti jika dicombine dengan platform yang kami buat masih cukup besar pasarnya. Terbukti bisnis kami mendapat respon yang baik dari pasar sehingga kami dipercaya oleh konsumen.” Tutur Ivan.

Dari E5 ini bukan hanya omset yang ditekankan tapi juga mengenai model bisnis, strategi marketing hingga eksekusi bisnis yang juga dinilai. Dari semua bisnis terpilihlah 3 terbaik diantaranya adalah :

Juara 1: Monggoh (Ivan Sinarso – 10114189 , dan Pauline Agatha Jessica Tirtowahjono – 20614001)

Juara 2: Hyperion ( Tommy Tarumanegara – 10114061)

Juara 3: Verlita (Vania Erlita – 30114012)

IMG_5100 IMG_5107 IMG_5131 IMG_5140 IMG_5147 IMG_5178 IMG_5192

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *