Desain Tas Belanja Super Indo Karya Olivia dan Paulina Berhasil Mencuri Perhatian Juri

Desain Tas Belanja Super Indo Karya Olivia dan Paulina Berhasil Mencuri Perhatian Juri

Rasa bangga dan bahagia terpancar dari sorot mata Olivia Gondoputranto, peraih juara 2 kategori professional lomba desain tas belanja yang diselenggarakan oleh PT. Lion Super Indo (member of Delhaize International). Pasalnya tidak kurang dari 767 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti kontes ini.

Dengan tema Bangga Produk Indonesia maka Batik dan Kebaya menjadi inspirasi dasar dari desain wanita cantik yang akrab dipanggil Olivia ini. Hasil akhir desainnya selain menjadi shopping bag yang memiliki sisi fungsional juga tetap fashionable. “Pertama-tama saya melakukan Observational research dan mengamati tren yang ada, kemudian menggali info mengenai karakteristik dari brand Super Indo sehingga nantinya bisa mengimplementasikan ciri khas desain saya dengan karakteristik dari brand Super Indo,” papar Olivia.

Pelaksanaan lomba dibagi menjadi 2 periode yaitu periode 1: 2 Desember -31 Januari 2017 dan periode 2: 1-28 Februari. Olivia yang kesehariannya mengajar Digital Fashion Illustration, Pattern Making CAD, Creative Insight, dan Entrepreneurship menyempatkan untuk summit karya pada periode 2 disela-sela kesibukannya mengajar di program Fashion Design and Business Universitas Ciputra.

Tim Juri dalam kontes ini terdiri dari berbagai berbagai kalangan professional yang dianggap bisa mewakili opini publik yaitu dari Ilustrator, Fashion Designer, dan Editor majalah. Keputusan Juri sebesar 75%, berdasarkan aspek : Uniqueness, Brand, Fashion, dan Practicality dan 25% dari Voting publik. “Kriteria penilaian dari para juri lebih menekankan pada konsep yang berasal dari karakter dan ekspresi diri peserta, semakin unik karya yang dihasilkan maka akan semakin outstanding’, terang Olivia.

Karena kejelian dan kreatifitasnya dalam mendesain, maka dosen yang hobi membaca dan travelling ini akhirnya berhasil menyanadang Juara 2 dan membawa pulang hadiah berupa Uang Tunai 10 juta rupiah dan Piagam penghargaan. Karyanya pun akan diwujudkan sebagai tas belanja Super Indo di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan Olivia, Style warna-warni yang terinsipirasi dari seorang Graphic Designer asal Australia menjadi pilihan Paulina Tjandrawibawa dalam mendesain tas belanja super Indo. Dominasi warna-warni memberi kesan segar sehingga Pauline memutuskan untuk memberi juduk karyanya dengan nama “Produk Segar Super Indo”.

Wanita yang juga sibuk menjalankan bisnis Scarves and Fabrics dengan “Conseva” ini mengaku selalu melakukan riset desain terlebih dahulu sebelum melakukan proses desain. Jam terbang mengajar sebagai dosen mata kuliah Ilustration, Advertising, Brand Portfolio, dan Entrepreneurship di Universitas Ciputra menambah kepiawaiannya dalam mendesain. Alhasil Pauline berhasil menjadi juara 2 kategori umum dalam kontes yang digelar oleh PT. Lion Super Indo ini. “Tidak hanya piagam penghargaan dan uang tunai senilai 5 juta rupiah yang membuat saya bangga, namun juga saat karyanya akan diwujudkan sebagai tas belanja Super Indo di seluruh Indonesia itu yang lebih membanggakan,” ujar Paulina. (edt)