DENGAN INOVASI DUNIA IT MENGANTARKAN MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA MENJADI JUARA 1, 2, 3 DAN TOP 5 DI AJANG HACKFEST 2017

DENGAN INOVASI DUNIA IT MENGANTARKAN MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA MENJADI JUARA 1, 2, 3 DAN TOP 5 DI AJANG HACKFEST 2017

Kolaborasi antara mahasiswa Universitas Ciputra jurusan IMT, MIS dan IBM, mampu mengantarkan mereka dalam kemenangan ajang HACKFEST 2017 yang diadakan oleh Universitas Atmajaya Jogyakarta. Dimana hackfest itu sendiri merupakan singkatan dari hackathon i-fest, hackathon sendiri adalah sebuah perlombaan dimana kita akan memecahkan suatu masalah yang ada dikehidupan sehari – hari dengan sebuah terobosan baru melalui dunia IT secara yang dilakukan secara kontinu selama 24 jam. Sedangkan untuk i-fest sendiri adalah acara tahunan yang diadakan oleh himpunan mahasiswa teknik informatika (Himaforka) sebagai acara utama mereka.

Untuk tahap 1 dimana babak tersebut adalah babak seleksi awal. Maka seluruh peserta diwajibkan untuk membuat suatu proposal dengan pemilihan 3 katagori yaitu Pemberdayaan masyarakat, Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana dari ketiga katagori itu mereka akan mencari suatu masalah didalamnya. Dan setelah masuk ke babak final barulah mereka mengerjakan inovasi terhadap masalah tersebut melalui dunia IT selama 24 jam. 5 tim dari Universitas Ciputra ini saling mengembangkan inovasinya dalam memecahkan suatu permasalahan yang sudah mereka pilih. Dengan kegigihan dan kekompakan mereka akhirnya jeripayah mereka tidak berujung sia-sia. Mereka berhasil membawa suatu kemenangan yang dapat mengharumkan nama almamater mereka yaitu Universitas Ciputra Surabaya.

Untuk juara 1 dimenangkan oleh Redo dan Abia. Nama aplikasi mereka Blush & Co dimana konsep mereka merupakan sebuah marketplace makeup artist dan beauty services dimana customer dan vendor dapat bertemu dan melakukan transaksi melalui marketplace tsb. Dengan memberikan rasa percaya pada customer dalam menggunakan jasa MUA melalui pemesanan online. Karena vendor-vendor yang terdaftar di blush n co sudah terverifikasi dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan kemudahan bagi customer dalam mencari vendor MUA yang berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan untuk juara 2 dimenangkan oleh Evan dan Adinda. Nama aplikasi mereka PetQper dimana konsep mereka merupakan aplikasi berbasis android yang ditujukan untuk orang – orang yang memiliki hewan peliharaan. Latar belakang dari didirikannya aplikasi ini antara lain adalah berbagai masalah yang dihadapi oleh para pemilik hewan peliharaan saat mereka ingin pergi dan tidak bisa membawa hewan peliharaan mereka.

Kemudian untuk juara 3 nya dimenangkan oleh Kevin, Ian dan Ivan Tomy. Nama aplikasi mereka Twentifour dimana konsep ini berbasis android yang bergerak di bidang travel. Aplikasi ini akan menghubungkan para travel guide lokal dengan para turis mulai dari turis lokal sampai dengan turis luar negeri. Kelebihan dari aplikasi yang mereka buat ini selain bisa menjadi mata pencaharian setiap orang namun juga bisa memperkecil dan meminimalisir pengeluaran yang tidak diperlukan apabila kita merancang sebuah perjalanan

Selain mereka memenangkan juara 1, 2 dan 3. Disini mahasiswa UC juga masuk kedalam top 5 Hackfest 2017. Top 5 tersebut dimenangkan oleh Vania, Krian dan Sandy. Dan dosen yang menemani mereka mulai dari awal perjuangan mereka sampai kemenangan yang mereka raih adalah Bapak David Boy Tonara. Beliau menjabat sebagai dosen IMT di Universitas Ciputra.

Berikut ini Jadwal Acara Hackfest 2017 :
Pendaftaran online : 1 April – 3 Mei 2017
Pengumpulan Proposal : 3 Mei 2017
Seleksi Awal : 3 mei – 5 Mei 2017
Pengumuman Seleksi Awal : 6 Mei 2017
Final Round : 12 – 13 Mei 2017

Selamat mahasiswa IMT, MIS dan IBM atas kemenangannya… Sukses selalu buat kalian semua !!!!!    (SON/001)\