Connecting People To Nature

Connecting People To Nature

Senin 5 Juni 2017 ,diadakan BNS (Basic Natural Science) Expo sekaligus memperingati hari lingkungan sedunia oleh School Of Entrepreneurship & Humaniora UC. BNS Expo kali ini mengangkat tema “Connecting People to Nature”

 

Di BNS Expo ini, mahasiswa membentuk kelompok dan menciptakan sebuah karya yang berdampak positif untuk lingkungan. Setiap kelompok mahasiswa diberikan booth untuk memamerkan karya mereka dan akan dinilai oleh para juri. Dalam penilaian, audience juga ikut dilibatkan, dengan cara memberi vote untuk kelompok yang karyanya disukai.

Adapun tujuan dilaksanakannya event ini adalah agar mahasiswa belajar untuk mengapresiasi lingkungan sekitar serta menularkan semangat menjaga lingkungan.

 

Salah satu contoh produk hasil karya mahasiswa yang cukup menarik adalah “Sabun Organik Untuk Meminimalkan Pencemaran Air”.

 

Awal munculnya ide sabun organic ini berangkat dari keprihatinan mereka terhadap pencemaran sungai oleh limbah sabun sehingga menyebabkan banyak hewan-hewan mati dan menjadi penyakit kulit seperti iritasi pada manusia. Dari permasalahan-permasalahan itu mereka mulai meneliti mengapa ada sabun-sabun komersial yang bisa menyebabkan gangguan kulit ,lalu mereka juga meneliti apa bahaya-bahaya limbah air sabun bagi lingkungan.

Setelah melakukan penelitian, mereka melihat bahwa dalam sabun terdapat bahan yang berbahaya yaitu SODIUM LAURETH SULFATE (SLS), bahan tersebut ternyata dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, juga dapat menyebabkan tumbuhnya alga dipermukaan air sungai sehingga menghambat sinar matahari masuk kedalam air menyebabkan tumbuhan air tidak mendapat sinar matahari.

 

“Setelah sabun organik kami jadi kami melakukan tester dan kami juga konsultasi dengan dokter kulit dan kata dokter kulit sabun kami aman digunakan. Busa yang dihasilkan juga sedikit. Sabun yang baik adalah sabun yang tidak memiliki busa yang melimpah. Karena semakin banyak busa maka zat surfaktan (zat berbahaya) semakin banyak.” kata Verren,selaku anggota kelompok pembuat sabun organik.