Citizen Journalism: Nyawang Suroboyoku

Citizen Journalism: Nyawang Suroboyoku

Marketing Communication (MCM) bekerja sama dengan Library Universitas Ciputra menyelenggarakan gelaran acara Seminar, Workshop dan Kompetisi menulis berita dengan tema CITIZEN JOURNALISM dengan  tajuk Nyawang Suroboyoku. Acara ini digelar sebagai rangkaian perayaan ulang tahun Surabaya yang ke-724 yang diselenggarakan pada Jumat, 7 April 2017 bertempat di Ruang Teater Universitas Ciputra Surabaya.

Acara yang dibatasi hanya untuk mahasiswa aktif program MCM dan Program Studi Hospitality and Tourism Business Universitas Ciputra ini dibagi dalam 2 bagian yaitu workshop dan pameran hasil karya. Tidak urang dari 100 mahasiswa dengan antusias mengikuti workshop yang dibawakan oleh dua pembicara yaitu Dhahana Adi Pungkas (Journalist & Book Writer) dan Gabriela LD Swastika (Dosen MCM).

Materi yang dipaparkan oleh Ibu Gaby lebih mendasar terkait dengan pengertian tentang berita, jenis berita, perkembangan jurnalistik online, dan tentang citizen jurnalism. Materi yang dipaparkan oleh Dhahana Adi Pamungkas lebih terkait tentang suroboyo. Setelah itu semua peserta langsung mempraktekan materi yang telah didapat dengan menjadi citizen jurnalism untuk kota suroboyo dan 20 karya terbaik akan dipamerkan di Plaza UC.

Penentuan karya terbaik dinilai dari unsur seperti foto yang berkolerasi dengan konten, konten berita yang meliputi format 5W 1H, dan format penulisan. Dan tentunya untuk topik hanya terbatas pada ruang lingkup surabaya.

Gaby salah satu pemateri menyatakan bahwa citizen jurnalism adalah komponen yang penting untuk suatu pengangkatan issue, karena mereka yang mengalami secara langsung dari semua kondisi. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh seorang citizen jurnalism, diantaranya kesulitan dalam aksesibility untuk mendapatkan data yang lebih lengkap. Hal ini karena seorang citizen jurnalism tidak mempunya ijin seorang jurnalis.