Magister Manajemen Kewirausahaan

Program studi Magister Manajemen yang akan dijalankan oleh Universitas Ciputra, memberikan dua bidang konsentrasi, yakni bisnis keluarga (Family Managed Business) dan Corporate Entrepreneurship (Intrapreneurship).

Lihat Detail

Address

UC Town, CitraLand, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60219   View map

Categories

Akademik , Strata 2

Fakultas Pascasarjana Universitas Ciputra didirikan pada tahun 2011, dengan  program studi tunggal: Magister Manajemen in Entrepreneurship dengan jiwa Entrepreneurship. Program studi ini dibentuk sebagai manifestasi dalam mendukung Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang telah dicanangkan sejak tanggal 2 Februari 2012. Presiden Republik Indonesia, Dr. Susilo Bambang Yudhoyono telah menetapkan gerakan tersebut sebagai salah satu solusi penting untuk memajukan daya saing bangsa. Fakultas Pascasarjana Universtias Ciputra secara sigap menyambut GKN tersebut dengan cara menyiapkan sebuah kurikulum beserta para pengajar dan sumber- sumber daya lainnya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan sebuh program pembelajaran tingkat pascasarjana agar menciptakan peserta didik yang ber integritas dan berjiwa entrepreneurship.

Banyak lulusan pendidikan strata satu di Indonesia yang kini bekerja baik sebagai karyawan swasta, pegawai negeri sipil (PNS), ataupun pengusaha merasakan perlu memiliki pola piker yang entrepreneurial sehingga dapat memiliki daya saing di pasar global. Dalam harian “Kompas” (2002) dalam diskusi yang bertajuk “Economic Development: Does Entrepreneurship Matter?” yang diadakan oleh Ernst and Young di Jakarta merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa 90% pengusaha Indonesia merupakan eksekutif yang menjalankan bisnis keluarga, dan umumnya adalah mereka generasi kedua dari keluarga – keluarga yang berbisnis tersebut. Dilematisnya, sekalipun mereka menduduki tampuk pimpinan paling puncak di perusahaan itu, keputusan akhir tetap dipegang oleh orang tua terutama ayah sebagai pendiri perusahaan. Karena keputusan akhir yang menentukan berada di tangan ayah selaku pendiri perusahaan, akhirnya banyak pengusaha Indonesia muda yang hanya melaksanakan perintah sang ayah ketimbang menjalankan idealisme yang ada dalam benak mereka sendiri. Apabila sang Ayah telah tiada, maka bisnis keluarga tersebut biasanya tidak lagi sejaya sewaktu dijalankan sendiri oleh sang pendirinya. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa proses regenerasi tidaklah berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

Dilain sisi, pertumbuhan bisnis keluarga ataupun korporasi – korporasi besar sangatlah membutuhkan para intrapreneur yang berkualitas untuk merespon masalah – masalah yang dihadapi perusahaan seperti kebutuhan akan inovasi. Intrapreneur atau karyawan yang memiliki pola pikir seorang entrepreneur, selalu bertindak dan menjalankan profesionalisme yang terarah pada pemanfaatan peluang – peluang bisnis dalam rangka menciptakan ataupun meningkatkan nilai tambah bagi perusahaannya.

Ditingkat bangsa dan Negara, untuk dapat memenangkan persaingan global, maka sebuah pemerintahanpun harus mampu dengan jeli menangkap peluang yang muncul dari adanya perubahan – perubahan yang ada di tingkat lokal maupun global. Sebuah pemerintahan yang entrepreneurial harus mampu menterjemahkan peluang tersebut untuk menjadi sebuah gagasan bisnis dan kemudian merealisasikannya untuk menjadi “value-creating activities”, yaitu  penciptaan kemakmuran dan peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakatnya—peningkatan pendapatan bruto per kapita, peningkatan standar kesehatan, peningkatan tingkat pendidikan, dan seterusnya.

Program studi Magister Manajemen yang akan dijalankan oleh Universitas Ciputra, memberikan kesempatan bagi para peserta pembelajarannya untuk memilih dua bidang konsentrasi, yakni bisnis keluarga (Family Managed Business) khususnya bagi para pengusaha yang hendak atau telah meneruskan usaha keluarga maupun yang baru merintis usahanya, dan Corporate Entrepreneurship(Intrapreneurship) untuk para karyawan profesional yang bekerja di dunia korporasi nasional maupun multi-national.

Strata 2 - Magister Manajemen Kewirausahaan ~ (Bachelor - Master of Entrepreneurship Management (MEM))

Daftar Sekarang
TOP