253 Business Model Baru dipamerkan Di UC

253 Business Model Baru dipamerkan Di UC

(Surabaya-14/06/2017) Total 253 Business Model dipamerkan di Universitas Ciputra hari ini. Pameran ini digelar sebagai Ujian Akhir Semester (UAS) dari mata kuliah Entrepreneurship 2 (E2) yang diikuti oleh mahasiswa semester 2 dari semua program studi.

Mata kuliah E2 ini membawa mahasiswa mencari permasalahan-permasalahan nyata yang ada dilapangan, memilih salah satu permasalahan untuk kemudian dilanjutkan dengan riset pasar tentang potensi dan SWOT pesaing-pesaing yang berkecimpung didalamnya. Mahasiswa kemudian menggunakan data-data yang diperoleh untuk merumuskan 9 blok dalam Business Model Canvas (BMC). BMC tersebut di tes di pasar atau kepada calon target pasar.

“Melalui mata kuliah proyek nyata ini, mahasiswa dibentuk untuk dapat mendesain model bisnis yang tervalidasi sesuai dengan pendapat dan masalah nyata di lapangan”, ujar Febe Yuanita, S.E., M.M. Koordinator Mata Kuliah E2 ini.

Dalam pameran ini, mahasiswa diharapkan bisa menyajikan proses kerjanya dari awal. Dan dari proses tes pada calon target pasar, mahasiswa bisa mengerti apakah asumsi mereka benar terhadap permasalahan yang ditemui dan solusi yang mereka tawarkan. Hasil dari E2 yang merupakan BMC ini akan di eksekusi pada mata kuliah E3”, imbuhnya.

Bisnis model yang dipamerkan antar lain adalah :

1. Website Easy Doc
Digagas oleh mahasiswa Kedokteran UC untuk menyelesaikan masalah di dunia medis berupa aplikasi berbasis handphone dan website yang akan mempermudah masyarakat untuk menemukan dokter sesuai dengan yang dibutuhkan.
2. Aplikasi Pengerajin Batik
Aplikasi penjualan untuk pengrajin batik. Aplikasi ini diperuntukan untuk membantu pemasaran bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) dibidang batik (market place –nya)
3. Souvenir Limbah Kayu
Memberikan value bagi limbah kayu yang ada. Limbah kayu dibentuk menjadi barang-barang apik dan layak jual.
4. Florist
Florist berbasis cerita yang disesuaikan dengan karakter ataupun tanggal lahir penerima karangan bunga
5. Vissera
Furniture multi fungsi yang sesuai dengan era saat ini dimana ruang-ruang aktivitas semakin efisien termasuk untuk menjawab permasalahan yang dimiliki oleh orang-orang yang terbiasa menjadikan mobil sekaligus tempat menyimpan barang-barang

Sebagai award bagi pencapaian tim terbaik dengan kategori utama yaitu:
1. Venture Model Design, yang memiliki kriteria:
Venture model memiliki resources dan potensi untuk menjalankan rencana dan ide bisnis mereka. Prototype sudah siap. Strategi produksi dan pemasaran sudah siap.
2. Validated Venture Model, yang memiliki kriteria:
Strategi produksi dan pemasaran sudah berjalan. Sudah melakukan penjualan dan mendapat repeat customer.

“Memahami Entrepreneurship bukan hanya soal kreatif dan inovatif dalam berbisnisl tapi lebih pada kemampuan menciptakan sesuatu yang memberi dampak baik bagi orang lain”, jelas Yuan.