Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 72 di Universitas Ciputra

Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke 72 di Universitas Ciputra

Pagi itu atmosfer di Universitas Ciputra terasa berbeda karena pada tanggal 17 Agustus 2017 ini diperingati hari prokalamasi kemerdekaan Indonesia ke 72. Membentuk jajaran barisan yang rapi , sekitar 1000 orang dosen, staff dan mahasiswa berkumpul di plaza UC mengenakan baju putih, dengan khidmat mereka mengikuti upacara bendera peringatan kemerdekaan. Dalam upacara ini bertugas sebagai pembina upacara adalah rektor Universitas Ciputra, Ir. Yohannes Somawiharja M,Sc.
Dibacakan teks proklamasi kemerdekaan untuk mengingatkan kita dengan perjuangan para pendiri bangsa,

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal
jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan
tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

 

Dalam pidatonya, Rektor UC mengingatkan segenap civitas untuk menghargai perjuangan para pahlawan dan memaknai kemerdekaan untuk terus bersatu. “Akhir-akhir ini banyak kita dengar seruan kebencian, seruan perpecahan, hendaknya itu semua tidak ada di universitas kita tercinta ini. Di sini kita semua satu, kita semua sama, kita satu dalam semangat entrepreneurship” demikian pidatonya.
Mengutip dari perkataan Bung Karno yang juga mengobarkan semangat persatuan.
“Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!”
-Soekarno-