TERINSPIRASI PADA SOSOK SEKAR FATHIYA DALAM AJANG TOP 5 PUTRI MUSLIMAH INDONESIA

TERINSPIRASI PADA SOSOK SEKAR FATHIYA DALAM AJANG TOP 5 PUTRI MUSLIMAH INDONESIA

Awal mula terbentuknya program Puteri Muslimah Indonesia yang memasuki tahun keempat pelaksanaannya. Ajang tersebut menjadi salah satu progam yang memberikan inspirasi bagi wanita muslimah yang berhijab, bisa terjun ke dunia pertelevisian atau hiburan. Saat mencetuskan ide untuk membuat kontes kecantikan wanita berhijab, Harsiwi Ahmad, Direktur Program SCM yakin antusiasme peserta dari tahun ke tahun akan meningkat.

Harsiwi Ahmad kemudian menceritakan awal ide program Puteri Muslimah Indonesia itu muncul. Saat itu, ia sedang menunggu pemutaran film di sebuah pusat perbelanjaan. Iseng Harsiwi menghitung jumlah perempuan yang mengenakan hijab di tempat itu. “Saya hitung perempuan berhijab, mungkin 40 persen yang saya lihat menggunakan hijab. Lalu saya berpikir, perempuan-perempuan berhijab itu belum ada wadahnya untuk kontes kecantikan. Kontes kecantikan banyak, tapi yang berhijab belum ada. Maka terbersit untuk membuat program tersebut,” ujar Harsiwi Ahmad kepada Bintang.com, Jumat (24/3/2017) di kantornya, SCTV Tower, Jakarta Pusat.

Ide tersebut kemudian ia bagikan kepada tim di programing. Setelah dibicarakan baru diserahkan kepada tim produksi untuk dibuatkan program acaranya. Maka muncul program Puteri Muslimah Indonesia.

Dengan menjadi perwakilan Universitas Ciputra Surabaya Sekar Fathiya yang berasal dari jurusan International Business Management ini manjadi satu-satunya perwakilan dari Jawa Timur dalam pemilihan Putri Muslimah Indonesia yang diselenggarakan oleh Indosiar. Jadi Puteri Muslimah Indonesia (PMI) itu merupakan ajang beauty pageant seperti Putri Indonesia tapi bedanya adalah ini khusus untuk muslimah yang berhijab. Setelah melalui proses seleksi yang panjang dan dilaksanakan di empat kota besar di Indonesia, kini 20 Finalis Puteri Muslimah 2017 siap untuk menuju malam puncak. Yang dilaksanakan pada hari senin 8 Mei pukul 19.00 WIB di Indosiar.

Awalnya aku ikut lomba ini karena inisiatifku sendiri sih, akan tetapi aku juga pasti membawa nama baik almamater Universitas Ciputra. “Ujar Sekar”. Pada saat semi finalis Sekar Fathiya berkompetisi dengan 104 finalis lainnya yang hanya diambil 3 orang saja dan Sekar Fathiya termasuk kedalam 3 orang tersebut. Dalam proses audisi sosok Sekar ternyata di tes catwalk, mengaji, pose didepan kamera, tes pengetahuan tentang islam dan ditanya bagaimana keseharian Sekar Fathiya ini. Sekar Fathiya yang kerap kali dipanggil Sekar itu pada tanggal 23 April akhirnya lolos untuk jadi finalis 20 besar.

Dan akhirnya setelah menjalani proses karantina yang panjang Sekar Fathiya yang berasal dari IBM 2013 ini mendapatkan kemenangannya dengan menjadi top 5 Finalis Puteri Muslimah Indonesia 2017. Tapi yang jelas pengalaman yang udah aku dapetin selama karantina itu sangat berharga banget sih dan tidak semua orang punya kesempattan seperti aku maka dari itu aku bersyukur banget. “tambahan Sekar Fathiya”.

Congratulation Sekar Fathiya atas kemenangannya menjadi top 5 Puteri Muslimah Indonesia 2017. Good Job! (SON/001)